Gunung Sangeangapi Meletus Terbaru Juni 2016

Gunung Sangeangapi Meletus, Bupati Bima Syafrudin M Nur telah menyiapkan beberapa kendaraan guna mengangkut para pengungsi akibat letusan gunung Sangeang di tiga desa yang berada di Kecamatan Wera tepat di kaki gunung Sangeang Api letusan gunung Sangeang, kegiatan tanggap darurat tersebut diutamakan untuk masyarakat yang tinggal di desa Sangeang, Pai, dan Oi Tui direncanakan hingga 7 hari kedepan.

Dampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Sangeang Api

 

Gunung Sangeangapi Meletus Update Terbaru Letusan Gunung Sangeang di Bima NTB

 

Gunung Sangeang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Meletusnya Gunung ini membuat sejumlah bandara ditutup. Dampak Abu vulkanik juga dilaporkan meluas hingga wilayah NTT. Dilaporkan sekitar lima kabupaten telah terkena dampak abu vulkanik itu yaitu Manggarai Barat, Sumba Tengah, Manggarai, Sabu Raijua, dan Sumba Timur.

Gunung Sangeang Api Meletus Diluar Perkiraan

Gunung Sangeang meletus pertama kali pada tanggal 30 Mei 2014 pukul 15.55 Wita, dimana sejak pagi sebenarnya sudah ditandai dengan terjadi beberapa kali gempa. Letusan kedua terjadi pada hari Sabtu 31 Mei 2014 pukul 01.20 WITA. Hingga saat ini dilaporkan sebanyak 14 warga hilang serta 3000 orang mengungsi setelah meletusnya Gunung Sangeang Api. Kenaikan status dari status waspada ke siaga hanya dalam beberapa jam saja, karena Gunung Sangeang Api ternyata meletus lebih cepat dari perkiraan.

Sekitar 30 ribu masker dibagikan yaitu dari BPBD ada 10.000 masker dan Dinas Kesehatan ada 20 ribu masker. Gunung Sangeang Api berada di Pulau Sangeang Api yang merupakan pulau vulkanik yang telah dikosongkan sejak 1985 melalui program transmigrasi lokal dipindahkan ke Kecamatan Wera (Sangeang Darat). Demikian info mengenai Gunung Sangeang Meletus, lihat juga info Provinsi di Indonesia Bertambah Satu Lagi.

Gunung Sangeangapi Meletus | bill_gates | 4.5