Google Doodle Peringati Runtuhnya Tembok Berlin Terbaru Juni 2016

Hari ini tepat 25 tahun peristiwa runtuhnya tembok Berlin terjadi. Tepat pada tanggal 9 November 1989, 25 tahun lalu, Jerman Barat dan Timur telah disatukan. Tidak ada pemisah antara keduanya. Namun, hari ini bukan hanya Jerman yang memperingati hari penting ini, google tampak mempersembahkan video berdurasi 1 menit dalam google doodle. Video yang singkat itu meringkas peristiwa yang terjadi selama 30 tahun lamanya. Sebagaimana diketahui, tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 dan diruntuhkan pada tahun 1989 dalam suasana yang damai tanpa peluru.

 

Runtuhnya Tembok Berlin: Sekilas Sejarah dan Perayaan 25 Tahun oleh Warga Dunia

Google Doodle Peringati Runtuhnya Tembok Berlin

Sekilas sejarah

Sejarah tentang tembok Berlin ini dimulai pada tahun 1949. Di mana di saat itu Jerman terpecah menjadi dua bagian karena kiblat politik. Jerman Timur berada di bawah kekuasaan Uni Soviet dengan republik Demokratik Jerman. Sementara Jerman Barat bergabung dengan sekutu barat dengan Republik Federal Jerman. Kekuasaan Uni Soviet terbilang otoriter dan diktator. Sementara Jerman barat merupakan tempat yang nyaman untuk hidup, tanpa tekanan dan tanpa pemerintah yang diktator. Maka, berbondong-bondonglah warga Jerman Timur ke Jerman Barat dengan harapan untuk hidup bebas. Oleh karena inilah dibangun sebuah tembok dengan panjang 66 mil dengan tinggi 3,6 meter. Keunikan dari tembok ini adalah hanya dibangun dalam waktu satu malam saja. Yakni pada tanggal 12 Agustus 1961. Dengan keberadaan tembok inilah warga Jerman Timur dan Jerman Barat benar-benar terpisah.

Warna Jerman Timur yang memiliki harapan besar di Jerman Barat pun melakukan demonstrasi besar-besaran. Perjuangan atas hak-hak hidup mereka mengantarkan pada sesuatu yang lebih besar. Sebelum akhirnya benar-benar dibobol dan peristiwa runtuhnya tembok Berlin terjadi, banyak korban yang meninggal saat hendak melintasi tembok tersebut. Tidak ada data yang pasti mengenai korban yang meninggal saat hendak melintasi tembok tersebut. Tetapi sejarah mencatatkan ratusan orang meninggal. Hingga akhirnya pada tanggal 9 November 1989, warga Jerman Timur mendapatkan kebebasan untuk melintas ke Jerman Barat. Di saat yang sama, warga Jerman Barat juga ikut merayakan kebebasan saudara-saudaranya itu.

Lihat juga:

 

Perayaan dari Jerman dan hadirnya google doodle

Dua puluh lima tahun sejak kejadian itu, negara Jerman pun memperingati peristiwa besar tersebut. Serangkaian acara disiapkan untuk memperingati keruntuhan Tembok Berlin dan menandakan penyatuan Jerman Barat dan Timur ini. Acara yang dihelat pun terbilang besar. Upacara peringatan yang dihelat dengan tajuk Keberanian untuk Kebebasan itu dilaksanakan dalam 3 hari lamanya. Puncak acaranya akan dilaksanakan pada 9 November 2014 malam.

Selain Negara Jerman, Google juga menghadiahkan video berdurasi 1 menit di google doodle. Dokumentasi runtuhnya tembok Berlin dan kebahagiaan warga dunia diringkas dalam video tersebut. Perayaan ini jelas menyita perhatian publik di seluruh dunia.

Google Doodle Peringati Runtuhnya Tembok Berlin | author | 4.5