Google Doodle Hari Ini Kelahiran Bartolomeo Cristofori Terbaru Juni 2016

Kelahiran Bartolomeo Cristofori pada tanggal 4 Mei 1655 kini dirayakan oleh seluruh dunia dan tak terkecuali oleh Google Doodle. Dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke 360, Google menampilkan fitur pembuka dengan animasi dari tokoh penemu alat musik yang sangat melegenda dan diminati oleh hampir sebagian besar masyarakat di dunia.

Bartolomeo Cristofori Hadirkan Alat Musik Piano

Nama beliau sebenarnya sudah dikenal sejak berumur 33 tahun. Saat itu, ia direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici yaitu salah satu pewaris Cosmo III dari salah satu Grand Dukes of Tuscany dan merupan salah seorang yang mencintai dunia musik. Bartolomeo Cristofori juga merupakan murid yang pernah belajar dari Nocolo Amati yang merupakan salah satu pembuat biola terkenal.

Di tahun 1700, Bartolomeo mulai membuat sebuah alat musik bernama piano. Pada awalnya alat yang memiliki nada empat oktaf tersebut diberi nama pianoforte. Setelah beberapa lama, orang-orang pun mulai terbiasa dengan sebutan piano. lihat juga Peranan Google Doodle Meriahkan Hari Bumi Internasional.

Penemuan dari Cristofori tersebut sangat digemari oleh masyarakat dan menjadi sebuah kebanggaan jika bisa memainkannya dengan baik. Hal ini pula yang memunculkan berbagai pianis handal dengan memiliki kepiawaian dalam memainkan setiap tutsnya.

Google Doodle Hari Ini Kelahiran Bartolomeo Cristofori

Koleksi Penemuan Piano Cristofori

Kabar terkini menyebutkan bahwa ada tiga piano karya Bartolomeo Cristofori yang masih tersimpan dengan rapi di berbagai museum yang diantaranya adalah Mueum of Art yang berada di Amerika Serikat, Museo Strumenti Musicali Roma yang berada di Italia dan Musikinstrumen-Museum of Leipzig University yang berada di Jerman.

Menurut seorang jurnalis pada waktu itu yang bernama Scipione Maffei, disebutkan bahwa penemuan dari Cristofori tersebut merupakan gravecemabalo col piano e forte yang memiliki arti harpsichord yang memiliki tuts lembut namun bernada cukup keras.

Kejayaan hasil penemuan Cristofori hingga kini tidak bisa dirasakan secara langsung dkarenakan ia meninggal pada tanggal 27 Januari 1731. Namun meski pun penemu pertamanya sudah tiada, hasil karyanya selalu menjadi sebuah kebanggaan yang akan terus dimainkan oleh setiap pecinta musik yang kini tengah berkembang pesat. baca juga Ki Hadjar Dewantara dan Hari Pendidikan Nasional.

Tak salah jika kini Google Doodle menghormati jasa Bartolomeo Cristofori dengan sebuah animasi di awal pencarian.

Google Doodle Hari Ini Kelahiran Bartolomeo Cristofori | bill_gates | 4.5