Debat Capres Prabowo-Hatta Vs Jokowi-JK Terbaru Juni 2016

Debat capres antara pasangan Prabowo-Hatta Vs Jokowi-JK putaran pertama akhirnya sudah dimulai. Fokus debat pasangan calon presiden pada malam ini (9 Juni 2014) adalah pembangunan demokrasi, pemerintah yang bersih, dan kepastian hukum. Pasangan nomor urut satu menggunakan baju kebanggaannya yaitu baju safari dengan logo garuda di sebelah kanan dan pasangan nomor urut dua menggunakan setelan Jas hitam ala eksekutif. Nah, bagi yang ingin mencerna ulasan singkat bagaimana situasi panas yang terjadi di panggung debat ini, silakan membaca ulasan berikut.

Ulasan Singkat Debat Capres Prabowo-Hatta Vs Jokowi-JK : Visi Misi, Pembangunan Demokrasi, Pemerintah yang Bersih, dan Kepastian Hukum.

  Debat Capres Prabowo Hatta  Debat Capres Jokowi JK

Debat Capres Penyampaian – Visi Misi

Inti dari menyampaikan visi misi Prabowo-Hatta terkait demokrasi, pemerintahan yang bersih dan hukum adalah mereka menjamin seluruh rakyat Indonesia mendapatkan demokrasi dan kesejahteraan serta derajat yang sama dalam hukum. Juga akan menghapus diskriminasi dan menjamin hak asasi manusia.

Sementara Jokowi-JK menyatakan hal yang lebih teknis dengan memberikan contoh bahwa demokrasi itu mendengarkan suara rakyat melalui terjun langsung ke lapangan atau blusukan. Sementara pemerintah yang bersih bisa di dapatkan melalui transparansi sistem dengan e-budgeting, e-auditing, pajak online dan perekrutan pimpinan dirjen dan lembaga dengan cara seleksi terbuka. Kepastian hukum harus dimulai dari pemimpin dan juga penegakan supremasi hukum.

Pertanyaan Pertama Untuk Pasangan Capres – Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Korupsi

Jokowi-JK mendapatkan pertanyaan seputar rencana pembangunan jangka panjang. Pasangan ini menjawab bahwa rencana pembangunan ini merupakan titik awal. Semua program yang baik akan diteruskan dan program yang gagal akan di evaluasi untuk disempurnakan. Harus ada pengawasan yang jelas untuk kesuksesan rencana pembangunan ini. Teknisnya diteruskan oleh JK bahwa harus ada revolusi mental dan efisiensi.

Prabowo-Hatta mendapatkan pertanyaan korupsi. Mereka menyampaikan bahwa korupsi didasari atas tidak sejahteranya para pejabat dan tingginya ongkos politik dibandingkan dengan gaji yang mereka peroleh. Atas dasar ini kesejahteraan mereka harus di tingkatkan dan ongkos politik harus di tekan. KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi harus diperkuat.

Pertanyaan Kedua untuk Debat Capres – Langkah Nyata Menjadikan Pemerintahan Bersih Dari Rongrongan Politik

Prabowo-Hatta menjawab bahwa semua kader dan patriot harus sepakat untuk tidak mengambil APBN satu sen pun. Sebagai presiden yang memegang amanat dan mandat rakyat tidak boleh tunduk dan permisif pada permintaan partai politik. Selain itu juga harus ada evaluasi kritis untuk pengadaan pilkada.

Jokowi-JK menjawab bahwa harus ada pola rekrutmen politik baru misalnya seperti yang ada pada partai pengusung pasangan ini. Kader partai terbaiklah yang diajukan sebagai calon presiden, bukan ketua umum. Tidak perlu banyak koalisi yang penting keikhlasan dalam menjalankan kewajiban dan amanat. Maka dari itu, pasangan ini tidak menjanjikan kursi menteri atau kue lainnya.

Pertanyaan Ketiga Debat Capres– Pelanggaran HAM Terhadap Kaum Minoritas Oleh Kaum Mayoritas

Kedua pasangan memberikan jawaban dengan memberikan contoh. Jokowi-JK mencontohkan saat pengangkatan Lurah Susan ketika di protes warga karena perbedaan agama. Sementara Prabowo mencontohkan partainya yang mengusung Ahok sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Keduanya mendukung bahwa demokrasi dan HAM harus ditegakkan tanpa takut kaum mayoritas jika keputusan untuk maju sudah ditentukan.

Demikian  berita ulasan debat capres pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK secara ringkas. Nantikan ulasan debat calon presiden putaran kedua nanti di sini. Lihat juga Jadwal Debat Capres 2014 Lengkap.

Debat Capres Prabowo-Hatta Vs Jokowi-JK | author | 4.5