BMKG Peringatkan Tsunami Gempa 7,3 SR di Halmahera Utara Terbaru Juni 2016

Peringatan Tsunami – BMKG telah mengumumkan kepada seluruh warga yang terkena dan ikut merasakan gempa pada Sabtu pagi sekitar jam setengah 10 WIB untuk terus waspada akan terjadinya tsunami. Gempa ini terjadi di lokasi 1,95 LU, 126,46 BT sebelah 160 kilometer laut Ternate dengan kedalaman 48 kilometer. Gempa ini bahkan sudah menyebabkan sejumlah kerusakan gedung dan juga sudah menunjukkan tanda tsunami meskipun tidak terlalu besar. Hingga kini warga masih terus waspada dan tidak berani mendekati bibir pantai. Banyak warga yang panik termasuk yang berada di dalam rumah sakit. Bagaimana kabar selengkapnya?

 

BMKG Umumkan Peringatan Tsunami Tapi Warga Diminta Tidak Panik

BMKG Peringatkan Tsunami Gempa 7

Sudah banyak warga yang panik atas kejadian gempa yang dirasakan sejumlah daerah di wilayah timur Indonesia itu. Kepanikan ini bukan tanpa alasan, gempa yang mereka rasakan itu sudah mengguncangkan gedung dan bangunan bahkan merusaknya. Jalan-jalan pun ada yang retak akibat gempa ini. Bahkan, orang-orang berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri dan belum berani untuk memasuki rumah sekaligus menjauhi bibir pantai. Dari kabar yang dikumpulkan, terjadi setidaknya dua kali gempa, yakni dengan gempa skala 7,3 SR di Halmahera, Maluku Utara dan 6,3 SR di kawasan Manado. Warga yang tinggal di kota Manado masih banyak yang berada di luar setelah gempa 1 menit itu terjadi. Kerusakan bangunan terjadi di sejumlah daerah dan hanya beberapa yang sudah didata oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

 

10 daerah yang terkena dampak

Banyak sekali wilayah yang terkena dampak dari gempa tersebut, di antara daerah-daerahnya adalah;

  1. Minahasa Selatan
  2. Minahasa Selatan di bagian selatan
  3. Minahasa Utara di bagian utara
  4. Minahasa Utara di bagian selatan
  5. Kepulauan Talaud Sulawesi Utara
  6. Halmahera Utara
  7. Kepulauan Sula Maluku Utara
  8. Halmahera
  9. Bolmong Selatan, Sulawesi Utara
  10. Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Warga di sepuluh wilayah di atas diminta untuk terus waspada oleh BMKG karena dikhawatirkan akan adanya tsunami. Sebagaimana diketahui, gempa yang melanda beberapa wilayah ini sudah menyebabkan tsunami di beberapa daerah.

 

Bangunan dan gedung yang rusak

Ada banyak gedung yang rusak akibat berita gempa ini, di antara gedung yang rusak tersebut adalah Hotel Lion di kawasan Boulevard – Manado yang bagian depan atau kanopinya rusak cukup parah. Kemudian supermarket, Hypermart juga terkena imbas dari gempa berkekuatan besar ini. Bahkan, di RS Siloam, pasien-pasiennya sudah banyak yang diturunkan dari lantai atas agar lebih aman.

 

Tanda tsunami

BMKG meminta kepada seluruh warga untuk waspada tsunami karena gempa ini sudah menyebabkan terjadinya tsunami. Setidaknya, dua gelombang pasang sudah menggambarkan hal itu. Di Jailolo terdapat ombak setinggi 0,09 meter yang terdeteksi pada pukul 09.43 setelah gempa. Sementara di Manado sendiri, terjadi gelombang pasang hingga 0,03 meter.

BMKG Peringatkan Tsunami Gempa 7,3 SR di Halmahera Utara | author | 4.5