Bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014 Terbaru Juni 2016

Bendera merah putih memiliki makna penting dalam riwayat kemerdekaan Indonesia. Sebagai bendera negara Indonesia, warna merah putih memiliki makna yang mendalam. Apalagi jika dikaitkan saat zaman penjajahan. Besok, tanggal 17 Agustus 2014 adalah peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 69. Jika melihatnya sebagai sebuah negara, maka angka 69 masih terbilang muda jika dibanding negara Amerika yang sudah mencapai usia ke 238. Tapi jika melihatnya seperti manusia, tentu usia ini sudah masuk angka pensiun. Namun bukan ini yang akan kita bahas. Tapi sejauh mana bendera Indonesia bisa menjadikan alat pemersatu bangsa.

Bendera Merah Putih : Asal-usul, Sejarah dan Makna, Riwayatmu Kini, Warna yang Serupa

Bendera Merah Putih Negara Di Dunia

Asal-usul Bendera Merah Putih

Bendera merah putih Indonesia menurut para ahli sejarawan memiliki banyak asal-usul. Pertama, ini berasal dari bendera kerajaan terdahulu seperti Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri, Kerajaan Bone, Bendera Perang Sisingamangaraja dan Perang Diponegoro. Kedua, lambang merah putih merupakan wujud dari mitologi bangsa Austronesia yang meliputi Tahiti, Indonesia, Madagaskar. Wana Merah melambangkan Bunda Bumi atau Tanah sedangkan warna putih melambangkan Bapak Langit atau Langit. Keduanya merupakan simbol dari dualisme alam.

Sejarah Bendera Merah Putih

Lalu siapa yang pertama kali memopulerkan pemakaian merah putih sebagai wujud kemerdekaan? Jawabannya ada pada saat perjuangan kemerdekaan melawan Belanda yaitu pada tahun 1920an. Dari penelusuran yang dilakukan www.artikel.web.id menemukan bahwa organisasi Perhimpunan Indonesia yang ada di Belanda yang mengibarkan pertama kali pada tahun 1922. Namun saat itu masih ada lambang banteng di bagian tengahnya. Sejak saat itu, warna merah putih melekat sebagi simbol kemerdekaan. Selanjutnya disahkan oleh PPKI untuk dijadikan bendera negara. Ibu Fatmawati (Istri Presiden Soekarno) yang menjahitnya untuk dikibarkan pertama kali tahun 1945.

Makna Bendera Merah Putih

Makna warna merah Makna warna putih
Berani (semangat)

Raga manusia

Ibu

Darah (semangat)

Gula Aren (makanan pokok)

Suci (semangat)

Jiwa Manusia

Ayah

Tulang (semangat)

Nasi (makanan pokok)

 Baca juga ulasan Uang NKRI baru yang akan diresmikan 17 agustus 2014.

Riwayat Bendera Merah Putih Dulu dan Kini

Zaman dulu, bendera merah putih memiliki makna yang sakral. Penduduk memiliki rasa nasionalisme dan semangat yang tinggi jika melihat warna itu. Hal apapun tentang berita kemerdekaan, perang, dan kisah perobekan bendera akan didalami dengan rasa nasionalis yang tinggi. Seiring perkembangan zaman dan arus globalisasi, kesakralan merah putih mulai pudar. Ini ditandai dengan mudahnya para warga tidak merawat bendera dan terjadi pembiaran di mana-mana.

Zaman ini bendera merah putih hanya ramai muncul pada saat peringatan kemerdekaan 17 Agustus. Selebihnya hanya ada di upacara bendera hari senin.

Negara yang Memakai Warna Bendera Merah Putih

Tahukah anda bahwa ada 4 negara di dunia yang memakai warna bendera merah putih sebagai bendera negara. Pertama adalah Indonesia, kedua Polandia, ketiga Monako dan keempat adalah Singapura. Yang paling mirip sekali adalah Indonesia dan Monako.

Bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014 | author | 4.5