Arus Mudik Lebaran Melalui Kereta Api Sulit Terbaru Juni 2016

Arus Mudik Lebaran, hitungan Lebaran atau Idul Fitri yang beberapa bulan lagi membuat pihak PT KAI atau PT Kereta Api Indonesia harus menyiapkan sistem arus mudik lebaran yang efektif. Kini pihak PT KAI tersebut menggunakan sistem berbasis online yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa jarak dan waktu.

 

Arus Mudik Lebaran Melalui Kereta Api Sulit

Arus Mudik Lebaran Melalui Kereta Api Sulit

Pihak PT KAI telah menetapkan tiket 90 hari sebelum tanggal keberangkatan dan telah dimulai tanggal 8 April kemarin. Budaya mudik yang hanya setiap setahun sekali ini banyak menyimpan cerita buruk sehingga pihak kereta api harus siap dengan segala kondisi yang akan terjadi. Namun sistem yang sekarang dirasakan masih sulit oleh masyarakat yang diantaranya yaitu:

 

Pemesanan tiket online susah diakses

Beberapa penuturan menyebutkan bahwa penggunaan tiket arus mudik lebaran dengan sistem internet atau online belum bisa dilakukan. Hal ini karena beberapa situs resmi PT KAI dan situs reservasi tiket berbasis online seperti tiket.com masih terasa sulit diakses. Hal ini sangat berbeda dengan hari sebelumnya yang masih bisa diakses namun penjualan tiket belum dibuka. Baca juga Film Konser One Direction WWA Live San Siro.

Beberapa orang menuturkan bahwa ketika dini hari mereka membuka akses tersebut, sangat sulit untuk membuka ke halaman utama maupun ke halaman pembelian tiket. Akan tetapi ketika malamnya dicek, tiket sudah habis terjual. Hal ini tentu membingungkan para calon penumpang yang memiliki kesibukan pekerjaan yang tidak begitu saja bisa ditinggalkan. Lihat juga Pembunuhan Deudeuh Kronologi Alasan dan Siapa.

 

Antrean offline yang padat

Alternatif yang lain adalah dengan mengunjungi secara langsung loket penjualan tiket di stasiun kereta api. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa membeli tiket tersebut. Banyak orang yang memadati penjualan tiket arus mudik lebaran.  Berdesak-desakan hingga terjepit menjadi hal yang harus diterima oleh mereka yang mengantri untuk mendapatkan tiket.

Kurangnya pengawasan dan pengaturan menjadi salah satu sebab ketidakteraturan konsumen untuk mendapatkan tiket yang ditakutkan kehabisan. Waktu pun akan terbuang dengan mengantri yang belum tentu juga mendapatkan tiket.

Banyaknya pemudik yang nantinya akan menghadapi arus mudik lebaran menjadi hal yang harus segera diatasi oleh pemerintah terutama oleh pihak Kereta Api Indonesia yang berperan sebagai pihak penyedia fasilitas transportasi tersebut.

Arus Mudik Lebaran Melalui Kereta Api Sulit | bill_gates | 4.5