Amalan Malam Lailatul Qadar Terbaru Juni 2016

Amalan Malam Lailatul Qadar selalu dinanti kedatangannya oleh seluruh umat muslim di bulan suci Ramadhan. Lailatul Qadar, atau malam yang sering disebut dengan malam seribu bulan ini memiliki banyak keistimewaan. Satu amal ibadah yang dilakukan sekali saja, jika dilakukan di malam Lailatul Qadar akan dilipatgandakan menjadi seribu kali. Wajar jika malam yang penuh pahala ini sangat dinanti. Selain itu, Lailatul Qadar adalah malam di mana ayat kitab suci Al Qur’an pertama diturunkan.

Namun sayangnya, malam yang dinanti ini tidak ada kepastian tentang kapan datangnya. Lailatul Qadar semacam rahasia atau teka-teki dari Tuhan. Atau barangkali manusia sengaja tidak diberi tahu agar di malam-malam terakhir bulan puasa dipenuhi dengan ritual ibadah. Orang-orang muslim hanya bisa menerka-nerka akan datangnya malam Lailatul Qadar.

Ciri-Ciri dan Amalan Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar

Menurut keterangan yang disampaikan para ulama agama Islam, Lailatul Qadar bisa didapati di hari ke-20 ke atas dalam bulan Ramadhan. Lebih tepatnya, Lailatul Qadar  turun di hari ganjil setelah hari ke-20 bulan Ramadhan, antara hari ke-21, 23, 25, 27, 29.

Ciri-ciri datangnya malam Lailatul Qadar bisa diperhatikan melalui suasana alam. Udara malam yang tenang dan suasana yang tenteram sampai esok paginya mentari bersinar lemah tidak menyengat, adalah salah satu ciri malam Lailatul Qadar. Ciri-ciri yang lain adalah ketika bulan terlihat separuh sehingga nampak seperti separuh nampan. Yang terakhir, orang yang melaksanakan ritual ibadah doa dan dzikir di malam Lailatul Qadar akan merasakan nikmatnya berdekat diri dengan Tuhan.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Panutan umat muslim yaitu Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk menghabiskan malam Lailatul Qadar dengan berbagai amalan ibadah yang intinya untuk mendekatkan diri kepada Penciptanya. Nabi Muhammad juga berpesan bahwa orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar akan diampuni semua dosa-dosanya yang sudah lalu.

Hendaknya pada malam Lailatul Qadar ini bisa dihayati secara mendalam oleh semua umat Islam. Sehingga, ibadah yang hanya semata-mata mengharap ridho Tuhan itu dibalas dengan surga kelak.

Terkait doa apa yang musti dibaca, para ulama memiliki banyak pandangan. Tapi intinya semua doa bisa digunakan untuk mendekat diri dengan Tuhan. Menurut Ustadz Arif Hidayat, dilansir dari website www.pesantrenvirtual.com mengatakan, bahwa doa dan dzikir apa saja boleh digunakan. Tapi yang sering dibaca oleh Nabi saat malam Lailatul Qadar adalah doa yang berbunyi….. Ya, Tuhan engkau adalah dzat pemaaf dan dzat mulia. Engkau maha pengampun, maka ampunilah kami. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh H.R Tirmidzi.

Nah, demikian tadi informasi ciri-ciri dan amalan malam Lailatul Qadar yang semoga memberikan manfaat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini. Bagi yang mau mudik, hati-hati ya karena jembatan comal ambles.

Amalan Malam Lailatul Qadar | author | 4.5