Akhirnya, Monumen Jayandaru Dibongkar dan Dipindahkan Terbaru Juni 2016

Monumen Jayandaru yang menjadi polemik selama beberapa minggu terakhir ini akhirnya dibongkar. Menurut penuturan salah satu pekerja pembongkaran ini, monumen Jayandaru dibongkar oleh pengembangnya untuk dipindahkan ke kawasan arena bermain golf milik pengembang sendiri.

Sejumlah pekerja telah tampak melakukan kegiatan pembongkaran lantai penahan kesembilan patung monumen tersebut pada hari Rabu (25/2/2015). Para pekerja mengaku bahwa kegiatan pembongkaran ini telah berlangsung sejak seminggu yang lalu. Salah satu pekerja mengaku hanya disuruh membongkar lantai penahan patung dan tidak tahu menahu soal urusan lokasi pemindahan kesembilan patung ini.

monumen-jayandaru-dibongkar

Kemudian, patung-patung ini rencananya akan diangkut menggunakan alat berat menuju kawasan lapangan golf di Pasuruan. PT Sekar Laut, pihak yang membangun monumen ini dari dana sosial perusahaan (CSR) mereka, adalah pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan patung-patung beserta monumen Jayandaru merupakan salah satu perusahaan pengolah hasil laut di seputaran Sidoarjo.

Alasan Kenapa Monumen Jayandaru Dibongkar dan Dipindahkan

Seperti diketahui, beragam organisasi masyarakat Islam akhirnya menolak pendirian monumen Jayandaru. Dari sinilah polemik kemudian bermula. Ormas Islam setempat menganggap pembuatan patung-patung ini bertentangan dengan norma agama dan nilai-nilai sosial masyarakat Sidoarjo. Inilah alasan terkuat mengapa monumen Jayandaru dibongkar.

Keberadaan kesembilan patung yang melambangkan petani, pedagang, dan nelayan, sebagai profesi umum masyarakat Sidoarjo dianggap bertentangan dengan kultur Sidoarjo sebagai kota santri. Karena bentuk patung menyerupai manusia dengan bentuk sempurna, ormas Islam di Sidoarjo menganggapnya sebagai berhala dan tidak sesuai ajaran Islam.

Pemkab Sidoarjo sebagai pihak yang direncanakan untuk penerima pemberian monumen ini pun akhirnya memilih untuk mencairkan ketegangan sosial yang terjadi akibat protes keras ormas Islam terhadap monumen hasil dana sosial PT Sekar Laut ini. Pemkab akhirnya memilih pasrah supaya monumen Jayandaru dibongkar dan dipindahkan ke sebuah lapangan golf di kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, kritik dilontarkan dari kalangan seniman Sidoarjo terhadap pembongkaran ini. Menurut mereka, hal ini adalah salah satu bentuk pembatasan kebebasan berekspresi melalui karya seni. Malahan, kalangan seniman menanggap para ormas Islam yang menginginkan monumen Jayandaru dibongkar terlalu berpikiran sempit. (Baca juga: Begal Motor Berduel Dengan Korban dan Dibakar Hingga Tewas)

Akhirnya, Monumen Jayandaru Dibongkar dan Dipindahkan | wahyuni | 4.5