Cara Breeder Koi Tips Lengkap dan Langkah-Langkah Terbaru Juni 2016

Cara Breeder Koi, Siapa yang tidak tahu tentang ikan koi, ikan yang berasal dari tiongkok ini menjadi sangat populer di kalangan pencinta ikan. Warnanya yang mempunyai corak unik tersebut membuat banyak orang terpikat. Selain untuk dipelihara dan diikutkan kontes, ikan koi juga dapat dimanfaatkan untuk di budidayakan lalu kemudian dijual kembali. Cara menjadi breeder koi yang sukses tidak terlalu sulit, tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan lakukan.

 

Cara Breeder koi harus menyiapkan kolam khusus

 

Cara Menjadi Breeder Koi Tutorial Lengkap tips dan langkah-langkah memelihara ikan koi

 

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjadi peternak koi adalah dengan menyiapkan kolam untuk ikan koi itu sendiri. Perlu diingat bahwa salah satu nilai jual dari ikan koi adalah corak warnanya yang bagus dan cerah. Oleh karena itu, pada kolam tersebut wajib disediakan pompa atau pipa yang digunakan untuk membuat arus dasar kolam buatan. mungkin hal tersebut sepele tetapi jika kolam ikan koi tidak mempunyai arus dasar, corak warna pada ikan akan berubah dan warnanya menjadi tidak cerah lagi. Hal itu dikarenakan ikan koi sangat membutuhkan lingkungan hidup yang mempunyai sirkulasi air baik. Karena selain mempengaruhi kecerahan warna corak ikan koi, ukuran badannya pun akan menjadi gemuk dan tidak proporsional sehingga tidak enak dilihat, apalagi jika ikan koi tersebut di ikutkan pada kontes. PH air kolam pun harus terjaga dengan baik, jangan sampai kolam ikan koi tercampur dengan air hujan. Selain itu disarankan disediakan benda khusus yang nantinya digunakan oleh ikan koi untuk menempelkan telurnya. Sehingga proses pengembangbiakan ikan koi tersebut lebih efektif karena semua telur dapat di kumpulkan untuk proses penetasan berikutnya.

 

Peternak atau Breeder koi harus jeli memilih koi indukan

Setelah kolam tersedia, para breeder koi harus pintar dalam hal memilih ikan koi indukan yang kualitasnya baik sehingga nantinya menghasilkan keturunan dengan kualitas koi yang baik juga.  Kualitas ikan koi yang baik dapat terlihat dari corak warnanya. Disarankan untuk memilih ikan koi yang mempunyai corak warna yang cerah, jarak antar corak rapi dan warna coraknya kontras dengan tubuhnya. Dan dari banyak jenis ikan koi di dunia ini, yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis koi kohaku yang memiliki warna corak merah putih, koi sanke dengan warna hitam dan merah di atas warna putih, dan koi showa yang memiliki corak merah dan putih di atas warna hitam. Selain itu bentuk badan dan sirip koi yang ideal juga menentukan kualitas keturunan koi tersebut.  Lihat juga Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Minim

 

peternak koi harus memperhatikan pakan koi

Para breeder koi juga harus memperhatikan pakan yang diberikan. Pemberian pelet yang berlebihan dapat mengurangi kecerahan warna corak ikan koi sekaligus membuat kolam menjadi keruh. Makanan ikan koi harus mengandung protein nabati dan hewani. Proses pemanenan ikan koi dapat dilakukan ketika berukuran sekitar 20 cm, dan khusus untuk telurnya hendaknya di pindah ke kolam lain untuk dilakukan proses penetasan. Ikan koi yang mendapat julukan raja ikan air tawar, memang terbukti karena banyak memberikan manfaat bagi pemiliknya sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan.

Cara Breeder Koi Tips Lengkap dan Langkah-Langkah | bill_gates | 4.5